gravatar

TRAINING ANALYTIC NETWORK PROCESS

Training dan Konsultasi Analytic Network Process
Mat Sahudi


1. Peserta :
Good to Great

Setiap individu dan lembaga bisnis, pemerintah, politik, pendidikan, atau lembagalembaga lainnya yang bermaksud meningkatkan kualitas pengambilan keputusanya dari baik menjadi lebih baik (Good to Great), berhak mengikuti training dan konsultasi Analytic Network Process.

2. Pendekatan dan Metode :

Training-Consulting and Experiental Learning Event ini akan dilakukan dengan pendekatan “Training and Consulting” atau Lokalatih, yaitu gabungan dari training dan konsultasi. Training akan dititik beratkan pada pencapaian kompetensi keterampilan prosedural seperti mengoperasikan software, perancangan kuesioner komparasi berpasangan, penilaian konsistensi, dan sintesis hasil. Sedangkan konsultasi akan dititik beratkan pada pengembangan model terhadap permasalahan yang ada.

Dengan pendekatan itu maka metode yang akan digunakan adalah experiential learning, yakni pendekatan pembelajaran yang bersumber dari pengalaman. Pilihan metode ini dilakukan agar proses pembelajaran memberikan latar yang realistis dan secara nyata dan praktis berguna bagi personel dan lembaganya. Dengan pendekatan dan metode ini, maka substances (training) dan contents (konsultasi) satu dengan yang lainnya saling berkaitan, sehingga kompetensi yang diperkenalkan dalam kegiatan ini, dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kasus dan permasalahan.
3. Materi dan Contoh Kasus :

Materi dan contoh kasus permasalahan yang dijadikan pembelajaran dirancang agar peserta memperoleh manfaat maksimal dalam peningkatakan kapasitas (capacity building) diri dan lembaganya untuk mencapai survivalitas yang tinggi. Pengembangan kapasitas dimaksud meliputi keterampilan teknis, wawasan inspirasional, minat, dan kepercayaan diri. Contoh kasus yang digunakan akan disesuaikan dengan minat dan bidang kerja peserta.

4. Penyelenggaraan :

1. Durasi Waktu
Training dan Konsultasi Analytic Network Process memerlukan waktu 3 (tiga) hari efektif.

2. Biaya dan Peserta
Total biaya satu paket adalah Rp. 37.500.000,- (tiga puluh tujuh juta lima ratus rupiah). Transportasi dari Jakarta ke lokasi (PP), dan akomodasi 2 (dua) trainer-konsultan selama kegiatan menjadi beban penyelenggara. Jumlah maksimum peserta setiap kegiatan maksimal 15 orang. Setiap peserta akan memperoleh copy program belajar Software Super Decisions, hand out, training kits, asesoris, dan sertifikat.

3. Sarana-Prasarana
Penyelenggara bertanggung jawab menyediakan sarana-prasarana training seperti komputer untuk setiap peserta, ruang pembelajarandan sebagainya.

3. Trainer-Konsultan
Trainer-Konsultan utama adalah MAT SAHUDI. Generalis inspirasional, yang pernah terjun dalam bidang lingkungan, pemberdayaan masyarakat, bisnis, microfinance, pendidikan, pemerintahan, juga politik. Mantan peraih 4 karya penelitian ilmiah remaja ini, mengembangkan Manajemen Survivalitas yang bertumpu pada pemberdayaan interaksi antar komponennya, agar suatu individu, lembaga, atau komunitas dapat mencapai kehidupan yang normal, yaitu tumbuh-kembang-biak.